5 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Kuliah di Jurusan Sastra Inggris

Posted on

Pengumuman hasil SBMPTN 2017 pasti ditunggu-tunggu nih sama kamu yang kemarin ikutan test. Ngomong-ngomong kemarin kamu ambil jurusan apa pas daftar SBMPTN? Kalau kamu ambil jurusan Sastra Inggris, good for you! Selain karena banyak PTN bergengsi di Indonesia yang punya jurusan Sastra Inggris yang berkualitas, ternyata kuliah di Sastra Inggris juga banyak manfaatnya lho. Mau tau apa aja? Simak deh alasan-alasannya di bawah ini.

  1. Perusahaan Besar Mewajibkan Karyawannya “Fasih Berbahasa Inggris”

Kuliah di jurusan Sastra Inggris akan secara otomatis membuatmu fasih berbahasa Inggris karena memang kamu akan berhadapan dengan buku-buku dan materi kuliah yang semuanya berbahasa Inggris. Selepas kuliah, kamu pasti banyak menemukan lowongan kerja yang menuliskan “fasih berbahasa Inggris” sebagai syarat utama bagi calon karyawannya. Kamu udah punya nih keuntungan ini karena kamu kuliahnya di jurusan Sastra Inggris. Kamu gak perlu khawatir lagi dengan kemampuan berbahasa Inggrismu karena selama kuliah kamu akan lama-lama fasih berbahasa Inggris baik tulisan maupun lisan.

 

  1. Memiliki Wawasan yang Lebih Luas

Selama kuliah di Sastra Inggris, wawasan kamu akan bertambah karena kamu akan mempelajari budaya-budaya negara asing terutama Inggris, Amerika, dan Australia. Jangan kamu kira kalau kuliah di Sastra Inggris hanya akan mempelajari tentang bagaimana cara menguasai bahasa Inggris saja. Kamu akan mempelajari karya sastra, sejarah negara-negara asing, dan masih banyak lainnya. Salah satu mata kuliah wajib yang biasanya diajarkan pada mahasiswa Sastra Inggris adalah tentang budaya dan sastra negara-negara berbahasa Inggris. Contoh mata kuliahnya adalah British Culture and Literarture, American Culture and Literature, dan juga Australian Culture and Literarture.

 

  1. Peluang Kerja Terbuka Lebar

Banyak yang mengira kalau lulusan Sastra Inggris hanya akan jadi sastrawan, pengarang novel, atau guru. Nyatanya gak. Banyak kok pekerjaan-pekerjaan lain yang terbuka lebar peluangnya bagi lulusan Sastra Inggris. Kamu bisa menjadi tour guide, editor, reporter, atau bekerja di bidang public relation dan penerbitan. Pada dasarnya kemampuan berbahasa Inggrismu dan juga wawasanmu yang luas akan membantumu untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan sesuai dengan keinginanmu.

 

  1. Memiliki Banyak Teman dari Berbagai Negara

Jurusan Sastra Inggris di berbagai universitas biasanya mendatangkan dosen tamu dari luar negeri. Banyak juga yang mengadakan program pertukaran mahasiswa dan pagelaran international culture tiap tahunnya. Alhasil, sebagai mahasiswa jurusan Sastra Inggris, kamu akan memiliki banyak teman dari berbagai negara. Lumayan lah nambah-nambah koleksi. Siapa tau kamu besok-besok bakal gantian berkunjung ke negara mereka.

 

  1. Memiliki Pandangan Lebih Bijak Tentang Apapun

Mempelajari karya sastra, apalagi yang termasuk dalam grand literature, akan membuatmu lebih bijak dalam memahami apapun. Dengan mempelajari novel-novel karangan penulis ternama, kamu juga akan belajar seputar filosofi dan perumpamaan yang akan memperluas pandanganmu. Alhasil, kamu akan memandang atau menyikapi sesuatu dengan lebih bijak. Inilah mengapa Sastra Inggris adalah salah satu jurusan yang ilmunya bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantumu menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menyikapi apapun.

Meski jurusan Sastra Inggris tidak sepopuler jurusan Teknik atau Hukum, tapi di beberapa PTN, passing grade jurusan Sastra Inggris terbilang masih tinggi. Inilah mengapa kalau kamu pengen masuk jurusan Sastra Inggris lewat SBMPTN atau SM, kamu harus benar-benar memperhitungkan pemilihan jurusan kedua dan ketiganya supaya nanti di pengumuman SBMPTN 2017 nama kamu dinyatakan lolos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *