5 Pemanis Buatan Ini Harus Dihindari Kalau Mau Sehat

Posted on

Sudah bukan hal yang di anggap tabu lagi, makanan manis tidak hanya disukai oleh anak-anak melainkan orang dewasa sekalipun. Tetapi tahukah anda, dampak mengonsumsi makanan kaya gula tersebut ternyata tidak semanis rasanya.

Disebutkan ada beberapa penyakit yang diakibatkan dari banyaknya asupan gula, baik itu gula asli maupun pemanis buatan. Seperti halnya diabetes, ada yang tipe 1 dan ada pula yang tipe 2.

Demi kesehatan anda, perhatikan makanan yang anda konsumsi, jika terdapat lima jenis pemanis seperti di bawah ini. Dilansir laman Boldsky, berikut ini ada lima jenis pemanis yang harus kita jauhi, diantaranya :

Aspartam

Pemanis buatan ini sering sekali dipakai dalam industri makanan. Terutam sekali banyak ditemui dari jenis minuman yang bersoda. Dan bisa mengakibatkan kita merasakan sakit kepala, bahkan terancam terkena diabetes dikarenakan kadar glukosa dalam darah kita meningkat.

Agavenectar

Pemanis jenis ini diperkirakan mengandung kurang lebih 7-090 persen proktusa. Bahkan ilmuwan memperingatkan bahwa proktusa tersebut sangat berbahaya karena bisa memicu penyakit jantung yang mengakibatkan kadar kolestrol jahat jadi meningkat.

Sucralose

Pemanis berbahan campuran klorin ini, sangat sulit dicerna dan di pecahkan oleh pencernaan, karena bahan kimia tersebut kadang terbuat dari limbah.

Gula pasir

Bahkan gula pasir alami pun ternyata mengandung 50 persen glukosa yang mudah kita cerna dan mengakibatkan meningkatnya gula darah dalam tubuh kita. Gula pasir adalah pemicu diabetes yang banyak terjadi. Froktusanya pun bisa membahayakan pankreas.

Gula jagung

Gula jagung atau biasa juga disebut sirup jagung ini malah membuat kita semakin merasa lapar dan ingin menyantap makanan dalam jumlah yang lebih. Ini salah satu pemicu yang bisa mengakibatkan terjadinya diabetes dan obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *