Apa SIM D Itu dan Diperuntukan Pada Siapa

Posted on

Surat Izin Mengemudi atau SIM D sudah resmi diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Keterangan ini di dapat langsung dari pihak kepolisian bahwa SIM D ini sendiri diperuntukan untuk pengemudi kendaraan roda tiga hasil dari modifikasi. Dimana secara umum SIM ini diperuntukan untuk para disabilitas.

Dalam mensosialisasikan SIM D ini sendiri  pihak Satlantas Polres Semarang pun mengundang para penyandang disabilitas di kota tersebut guna mengadakan sosialisasi. Yang mana pihaknya sendiri pun ingin penyandang disabilitas ini bisa memahami mengenai adanya SIM D tersebut.

Diakui atau tidak, bahwa para pengguna kendaraan bermotor roda tiga kebanyakan tidak menyadari bahwa mereka pun harusnya juga menggunakan surat izin mengemudi yang khusus yakni SIM D.

Yang mana sosialisasi SIM D ini sendiri merupakan salah satu bagian dari Operasi Simpatik Candi 2017 yang juga telah dilaksanakan oleh pihak kepolisian itu sendiri dibeberapa daerah lainnya. Sementara untuk di Kabupaten Semarang pihak dari Kepolisian mengusung tema Motivasi Keselamatan Komunitas Penyandang Cacat atau disingkat Mata Kaca.

Tidak berbeda halnya dalam mengurus SIM lainnya, para penyandang disabilitas pun juga harus melakukan berbagai ujian baik itu secara tertulis maupun praktik agar bisa mendapatkan SIM D tersebut. Hanya saja yang membedakan khusus untuk SIM D itu sendiri halang rintang yang digunakan saat ujian berjarak lebih jauh. Hal ini dikarenakan, sebab ukuran sepeda motor mereka dibagian belakang tentu lebih lebar.

“Pada saat melaksanakan kegiatan harus tetap ada teori dan praktik, tapi tidak sama dengan roda dua biasa,” jelas Kapolres Semarang, AKBP Vincentius Thirdy Hadmiarso.

Demikian halnyaaturan SIM D ini sendiri bertujuan untuk membuat para pengguna jalan lebih merasa aman dan mereka pun bisa memahami mengenai berbagai peraturan lalu lintas yang berlaku di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *